Kenapa Token Listrik Gagal Padahal sudah Benar? Bagaimana Cara Mengatasi Token yang Gagal Masuk? Inilah Jawabannya

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk ke Meteran – Artikel BLOG

Menggunakan token listrik meruapakan salah satu sistem prabayar yang sangat mudah digunakan karena bisa memperkirakan penggunaan listrik. Meski begitu, terkadang terjadi gagal input token. Tentu hal ini terjadi karena beberapa penyebab.

Mengisi token listrik sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Namun, tidak jarang mengalami kegagalan pada saat mengisi token listrik, terkhusus bagi mereka yang menjadi pelanggan baru.

Kemungkinan paling besar dari penyebab kegagalan saat mengisi token listrik ini tentnya dating dari server penyedia layanannya. Akan tetapi, bukan berarti harus melihat lagi kesalahan yang terjadi. Bisa saja terjadi akibat dari keteledoran sendiri.

Lalu, kenapa token listrik gagal padahal sudah benar? Bagaimana cara untuk menatasi token yang gagal masuk? Simak jawabannya berikut ini.

  • Faktor Penyebab Kenapa Token Listrik Gagal Padahal sudah Benar.
  1. Adanya permohonan dari pelanggan yang belum diselesaikan. Contohnya dengan adanya perubahan daya sehingga proses permohonan harus diselesaikan terlebih dahulu.
  2. Kesalahan saat memasukkan token listrik.
  3. Sistem dari meteran prabyaran sedang dalam periode update atau pembaruan.
  4. Adanya kesalahan teknis instalasi dengan adanya bukti keterangan “Periksa” pada layar meteran PLN.

Selain hal tersebut, ada penyebab lain kenapa token listrik gagal padahal sudah benar, yaitu reject, used, dan over. Reject terjadi disebabkan pengisian token listrik gagal dilakukan. Kemudian, pengguna listrik prabayar akan diminta untuk memasukan kembali token listrik.

Sedangkan Used ini bisa terjadi karena token yang dimasukkan sudah terpakai. Dengan begitu, pastikan untuk mengecek token listrik tersebut sudah dipakai atau belum. Terakhir ada Oer yang bisa terjadi karena daya listrik pada isi ulang sudah mencapai kapasitas yang maksimal pada meteran PLN.

Jika masih saja terjadi kendala, bisa langsung menghubungi PLN di 123 aar petugas bisa langsung dating ke rumah untuk cek meteran tersebut.

 

  • Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar.
  1. Membeli Token Listrik di Tempat Terpecaya.

Dengan banyaknya merchant yang menyedikan pembelian token listrik, namun harus dipastikan jika tempat tersebut sudah terdapaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

  1. Cek Nomor ID meteran dan Token Listrik dengan Teliti.

Agar terhindar dari keteledoran, maka pastikan untuk kembali untuk mengecek nomor ID meteran yang akan dimasukkan sesudah membeli token listrik. Selain itu, sesuaikan juga nama pelanggan yang muncul. Jika sudah, masukkan setiap angka-angka dnegan perlahan ke meteran listrik.

  1. Reset Meteran Listrik.

Jika memasukkan token listrik selalu gagal, cobalah mereset ulang meteran listrik terlebih dulu. Caranya pun mudah, cukup dengan menekan angka “00” dan “enter” pada meteran listrik. Tunggulah beberapa saat meteran sedang memproses. Lalu, masukkan kembali nomor token listrik yang sudah dibeli.

  1. Mengajukan Keluhan ke PLN.

Jika permasalah tersebut masih terjadi, langkah yang bisa dilakukan adalah mencoba untuk menghubungi layanan call center PLN. Ada berbagai pilihan channel yang sudah disediakan PLN untuk mengajukan keluhannya. Berikut beberapa chanel yang bisa digunakan untuk mengajukan keluhan ke PLN.

  • Call center di 123.
  • Email di [email protected]
  • Website di pln.co.id
  • Aplikasi di PLN Mobile.
  • Instagram di pln123_pln.co.id
  • Twitter di pln_123
  • Facebook di PLN 123
  • Mengunjungi kantor cabang PLN terdekat dengan tempat tinggal.