7 Cara Mengatur Keuangan Usaha agar Cepat Sukses dan Tak Rugi

Mau Luncurkan Bank Digital, Krom Bank (BBSI) Angkat Presdir Baru

Mengatur keuangan usaha dengan baik adalah kunci utama untuk memastikan bisnis kamu bisa berkembang dan sukses. Tanpa manajemen keuangan yang tepat, usaha yang sudah berjalan baik pun bisa mengalami kerugian dan bahkan bangkrut.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik usaha untuk memahami cara mengelola keuangan dengan bijak. Berikut adalah tujuh cara mengatur keuangan usaha agar cepat sukses dan tidak merugi.

1. Buat Rencana Keuangan yang Jelas

Langkah pertama dalam mengelola keuangan usaha adalah membuat rencana keuangan yang jelas dan detail. Rencana ini harus mencakup proyeksi pendapatan, pengeluaran, dan keuntungan selama periode tertentu. Dengan rencana keuangan yang baik, kamu dapat mengidentifikasi potensi masalah sebelum terjadi dan membuat keputusan yang lebih bijak.

2. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Usaha

Seringkali pemilik usaha melakukan kesalahan yang fatal, yaitu mencampuradukkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan kesulitan dalam melacak pengeluaran dan pendapatan usaha. Membuka rekening bank terpisah untuk usaha adalah langkah penting untuk menjaga kejelasan dan keteraturan keuangan.

3. Pantau Arus Kas Secara Berkala

Arus kas adalah nyawa dari setiap usaha. Pastikan kamu memantau arus kas secara berkala untuk memastikan bahwa pendapatan selalu lebih besar dari pengeluaran. Dengan memantau arus kas, kamu bisa mengidentifikasi masalah likuiditas lebih awal dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasinya.

4. Kurangi Biaya Operasional

Mengurangi biaya operasional adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan keuntungan usaha. Lakukan evaluasi rutin terhadap semua pengeluaran usaha dan cari cara untuk menguranginya. Negosiasi dengan pemasok, efisiensi energi, dan mengoptimalkan proses kerja adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menekan biaya operasional.

5. Investasikan Kembali Keuntungan

Menginvestasikan kembali sebagian keuntungan usaha adalah cara yang baik untuk memastikan pertumbuhan bisnis. Gunakan keuntungan untuk membeli peralatan baru, meningkatkan kualitas produk, atau memperluas pasar. Dengan investasi yang tepat, usaha kamu dapat tumbuh lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak keuntungan.

6. Gunakan Teknologi Keuangan

Menggunakan teknologi keuangan atau fintech dapat membantu kamu mengelola keuangan usaha dengan lebih efisien. Ada banyak aplikasi dan software yang bisa digunakan untuk akuntansi, manajemen kas, dan analisis keuangan. Teknologi ini tidak hanya membantu menghemat waktu tetapi juga memberikan data yang akurat dan real-time untuk pengambilan keputusan.

7. Konsultasikan dengan Ahli Keuangan

Jangan pernah ragu untuk konsultasi ke ahli keuangan ketika kamu merasa kesulitan mengelolanya sendirian. Seorang konsultan keuangan dapat memberikan saran dan strategi yang tepat untuk mengelola keuangan usaha dengan lebih baik. Investasi dalam konsultasi keuangan dapat memberikan hasil yang signifikan dalam jangka panjang.

Krom Bank, Aplikasi Bank Digital yang Menjadi Solusi Keuanganmu

Mengelola keuangan usaha dengan baik adalah langkah penting untuk mencapai kesuksesan. Namun, untuk benar-benar mengoptimalkan pengelolaan keuangan usaha, kamu memerlukan partner yang dapat diandalkan dan memiliki berbagai fitur unggulan. Di sinilah aplikasi bank digital Krom Bank hadir sebagai solusi. 

Apa itu bank digital? Bank digital adalah institusi keuangan yang beroperasi sepenuhnya secara online tanpa kehadiran fisik. Layanan bank digital mencakup berbagai kegiatan perbankan seperti pembukaan rekening, transfer dana, pembayaran tagihan, pengelolaan investasi, dan banyak lagi, semuanya dilakukan melalui platform digital seperti aplikasi mobile atau situs web. 

Keunggulan utama bank digital adalah kemudahan akses, fleksibilitas, biaya operasional yang lebih rendah, dan layanan yang lebih cepat dibandingkan dengan bank konvensional. Selain itu, bank digital sering kali menawarkan bunga yang lebih kompetitif dan biaya administrasi yang lebih rendah karena biaya operasional yang lebih rendah daripada bank tradisional.

Krom Bank bukan sekadar bank digital biasa, melainkan partner terpercaya dalam perjalanan finansialmu. Dengan layanan Deposito Berjangka berbunga tinggi hingga 8,75% per tahun, tabungan berbunga tinggi hingga 6% per tahun, serta aplikasi yang user-friendly, Krom Bank dapat membantu kamu mengelola dan mengembangkan keuangan usaha dengan lebih efektif dan efisien. 

Selain itu, Krom Bank telah berizin dan diawasi oleh OJK serta merupakan peserta penjaminan LPS sehingga kamu dapat menjalankan bisnis dengan tenang dan fokus pada pertumbuhan usaha. Jadi, jangan ragu untuk memilih Krom Bank sebagai partner keuangan usahamu dan nikmati berbagai keunggulannya!